Thursday, November 11, 2010

Contoh Makalah DU/DI

BAB I PENDAHULUAN

1.1              LATAR BELAKANG
Siswa SMK diwajibkan untuk Prakerin karena lulusan SMK harus mempunyai skill dan siap untik bekerja. Karena dengan di adakanya Prakerin siswa bias lebih mandiri dan berfikir untuk bekerja. Siswa nantinya akan mengetahui dunia kerja yang sebenarnya. Dengan diadakanya Prakerin siswa juga bisa mengukur kemampuannya sendiri. Dan pertama kalinya siswa terjun ke dunia kerja. Dengan demikian diadakannya Prakerin sangat membantu siswa untuk mempunyai skill.

1.2              TUJUAN
Melatih mental siswa dalam menghadapi dunia kerja. Membantu siswa untuk bisa lebih mandiri dan bisa merasakan bagaimana yang namanya bekerja.
Sehingga siswa sudah mempunyai wawasan untuk bekerja. Juga bisa buat menilai kemampuan siswa. Untuk belajar bekerja secara nyata tidak hanya materi saja.
Jadi seorang siswa nantinya akan mengetahui dunia kerja yang sebenarnya. Dan bisa menciptakan generasi muda yang terampil dan mempunyai skill.



1.3              MANFAAT:
Suatu hal positif yang diambil dari suatu kegiatan atau peristiwa yang sudah dialami.
a.       Bagi pihak Sekolah
Mampu atau dapat menyiapkan para generasi muda yang berkompeten dalam dunianya atau bidangnya.
Generasi-generasi muda yang siap kerja dan mandiri. Menciptakan siswa yng mempunyai skill. Sekolah juga bisa mengetahui kemampuan yang dimiliki setiap siswa.
b.      Bagi DU/DI
Untuk dunia usaha siswa prakerin sangat membantu dalam penambahan karyawan, karena perusahaan mendapatkan tenaga yang cuma-cuma, bukan berarti tenaga yng Cuma-Cuma tersebut tidak mempunyai skill. Karena seorang siswa prakerin sudah dibekali skill yang mumpuni di dalam dunia kerja. Tetapi  perusahaan juga tidak membiarkan siswa begitu saja, perusahaan juga tetap tanggung jawab mengajari siswa yang belum bisa.
c.       Bagi siswa
Mengenal dunia kerja yng menambah pengalaman. bisa bertukar pengalaman dengan pegawai-pegawai yang ada. Belajar menghadapi customer dengan berbagai sifat yang berbeda-beda. Mengerti apa arti bekerja itu dan bias menilai diri sendiri, apakah dengan keadaan sekarang seorang siswa sudah siap dan mumpuni untuk bekerja sesuai yang diinginkan (optimal). Disisis lain siswa mengerti bagaimana sulitnya dunia kerja, tidak seperti biasa hanya senang-senang saja. Juga membantu siswa untuk memikirkan masa depannya. Karena siswa sudah tau bagaimana dunia kerja itu. Dengan demikian siswa Prakerin nantinya akan bias lebih mandiri dan telah siap untuk menghadapi dunia kerja, ini karena mereka sudah pernah merasakan bekerja.

No comments:

Post a Comment

Please comment, and let's share
and exchange knowledge. But
still keep the decency to not
make comments & SPAM